Keagungan dan Keistimewaan Bulan Rajab

Keagungan Bulan Rajab yang Mulia


Firman Allah dalam Surat Ali-Imran :

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.

Yang dimaksud dengan ampunan, ialah amal-amal yang menyebabkan pengampunan Tuhan, seperti Islam, taubat, pelaksanaan ibadah dan lain-lain amal saleh.

Diriwayatkan oleh Abdurrahman Ibnu Auf bahwa Rasulullah bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Datang padaku malaikat Jibril dan berkata : Hai Muhammad! Tidak seorang membaca selawat untukmu melainkan untuk dia dibacakan selawat oleh tujuh puluh ribu malaikat dan barangsiapa untuk dia malaikat membacakan selawat ia adalah ahli syurga.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Takbir pertama dalam sembahyang yang dicapai oleh orang mu’min di belakang imam lebih baik baginya dari seribu haji dan umroh,' memperoleh pahala seperti orang yang menyedekahkan emas seberat gunung ’’Uhud” kepada orang-orang miskin, tercatat baginya ibadah setahun untuk tiap rakaat, diberinya oleh Allah dua kebebasan, kebebasan dari neraka dan kebebasan dari sifat munafiq dan tidak keluar dari dunia kecuali sudah melihat tempatnya di syurga serta akan masuk syurga tanpa melalui hisab.

Terdapat khilaf di antara ahli tafsir tentang batas takbir pertama itu. Sebagian berpendapat bahwa batasnya sampai selesainya imam membaca fatehah dan sebagian berpendapat sampai imam memulai pembacaan fatehah. ( Majalisul Anwar).

Diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Barangsiapa bangun malam untuk ibadah pada malam pertama dari bulan Rajab tidak akan mati hatinya jika hati-hati lain mati dan Allah menuangkan kebajikan di atas kepalanya, bebas dari dosa-dosanya seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya dan memberi syafaat kepada tujuh puluh ribu ahli ma’siat yang sudah patut masuk neraka. (Lubbul Albab).

Diriwayatkan oleh Anar. Bin Malik bahwa Rasulullah bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Barangsiapa di suatu malam dari bulan Rajab bersembahyang duapuluh rakaat dengan membaca di tiap-tiap rakaat surat Al fatehah dan surat Al-Ikhlas dan bersalam sepuluh kali dilindungi oleh Allah dia dan keluarga serta anak-anaknya dari bala’ di dunia dan adzab di akhirat. (Zubdah ).

Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan Allah yang tuli. Barangsiapa dalam bulan itu berpuasa sehari dengan penuh iman dan ikhlas, patut memperoleh ridha Allah yang terbesar dan siapa berpuasa dua hari tidak dapat digambarkan oleh ahli langit dan bumi kemuliaan apa yang tersedia baginya di sisi Tuhan, dan barangsiapa berpuasa tiga hari diselamatkan dari segala bala’ di dunia dan adzab di akhirat dan dari penyakit gila, kosta, sopak dan dari fitnahnya Daijal, dan siapa berpuasa tujuh hari tertutup baginya tujuh pintu neraka dan siapa berpuasa delapan hari terbuka baginya delapan pintu di syurga dan siapa berpuasa sepuluh hari segala apa yang diminta dari Allah akan diberinya dan siapa berpuasa limabe-las hari diampuni oleh Allah segala dosanya yang sudah lalu dan digantinya dengan kebajikan dan 'barangsiapa menambah akan ditambah pahalanya oleh Allah.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda :

Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Pada malam Mi'raj aku melihat sebuah sungai, airnya lebih manis dari madu, lebih dingin dari es dan lebih harum dari kasturi. Bertanya aku pada Jibril ; Bagi siapa sungai ini ? ’’Bagi orang yang membaca selawat untukmu dalam bulan Rajab.

Menurut ceritera Mugatil ra. bahwasanya di belakang gunung ”Gaf ’ terdapat bumi putih, tanahnya seperti perak, luasnya seluas dunia tujuh kali, penuh dengan malaikat sehingga jika ada jarum jatuh akan jatuh di atas mereka, ditiap tiap tangan malaikat terdapat bendera yang bertulisan syahadat

Malaikat - malaikat itu berkumpul mengelilingi gunung ”Gaf ” tiap malam Jum‘ah beristighfar dan berdo'a sampai pagi, memohonkan selamat bagi ummat Muhammad dan berkata : Ya Tuhan kami ! Kasihanilah dan jangan disiksa ummat Muhammad. Hai malaikatKu ! firman Tuhan, Demi keperkasaan K.u dan keagunganKu, Aku telah mengampuni mereka. (Majalisul-Abrar).

Dikatakan bahwa kata ’’Rajab” terdiri dari tiga huruf : ”Ra” menunjukkan rahmat Tuhan. ”Ja” menunjukkan dosa dan ma‘-siat hambanya dan ”Ba” menunjukkan barakahnya Tuhan, seakan-akan Allah berfirman : Hai hambaku! Aku telah menempatkan dosa dan ma‘siatmu di antara barakah dan rahmatKu, maka tidak akan dicatat lagi bagimu dosa ataupun ma’siat karena kehormatan bulan Rajab. (Majalisul-Abrar).

Diceriterakan bahwa bulan Rajab sesudah berakhir naiklah ia ke langit dan ditanya oleh Tuhan : Apakah mereka menyintaimu dan menghorihatimu ? Lalu berkata si Rajab setelah Tuhan mengulangi pertanyaanNya kedua dan ketiga kali : Ya Tuhanku! Engkaulah penutup segala aib dan memerintahkan hambaMu menutupi aibaib sesamanya. RasuIMu memberi julukan tuli padaku. Aku telah mendengar taat dan ibadah hamba-hambamu dan tidak mendengar ma'siatnya. Kemudian Allah swt. berfirman : Engkau adalah bulan-Ku beraib dan hamba-hambaKu pula beraib. Aku telah terima mereka dengan segala aib-aibnya demi kehormatan Mu sebagaimana Aku telah menerimamu dengan aibmu dan dengan satu penyesalan Aku mengampuni mereka dan tidak mencatat ma‘siat-ma‘siatnya.

Dikatakan bahwa bulan Rajab mendapat julukan TULI, karena dalam bulan itu para malaikat yang bertugas mencatat amal-amal manusia, hanya mencatat amal amal kebajikan dan tidak mencatat kejahatan dan ma‘siat berlainan dengan lain-lain bulan di mana kebajikan dan kejahatan dicatat bersama. Karena dalam bulan Rajab mereka tidak mendengar kejahatan atau ma‘siat yang dicatat. (Misykatul-Anwar).

Bersabda Rasulullah saw. :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Sesungguhnya bulan Rajab adalah bulannya Allah, bulan Sya’ban bulanku dan Ramadhan adalah bulan ummatku.

Menurut Abu Muhammad Alkhallal, bahwa Ibnu Abbas ra. berkata :

Puasa hari pertama dari bulan Rajab berarti tebusan dosa tiga tahun, hari kedua tebusan dosa dua tahun, dan hari kedga tebusan dosa setahun, dan selanjutnya tiap hari ialah tebusan dosa sebulan. (Jami’ Saghir).

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah bersabda :
Selain bulan Ramadhan tida’.c ada puasa kecuali dalam bulan Rajab dan Sya’ban.
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Menurut riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Sesungguhnya di syurga ada suatu sungai bernama "Rajab”, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis danTna-du. Barangsiapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu.

Kata ”Rajab” dalam bahasa Arab berarti "Agung”. Diberikannya nama "Rajab" bagi bulan itu, karena bangsa Aiab menghormati dan mengagungkannya, sampai-sampai pintu Ka bah dibuka oleh para petugasnya selama satu bulan penuh selama bulrn Rajab, padahal di lain bulan hanya dibuka hari Senen dan Kemis, dan berkata mereka ; Bulan Rajab adalah bulannya Allah, Ka’bah rumah Allah dan hamba adalah hamba Allah, maka tidak dilarang hamba Allah memasuki rumah Allah di dalam bulan Allah.

Dihikayatkan bahwa di Baitul Maqdis ada seorang perempuan ahli ibadah, jika tiba bulan Rajab, ia membaca surat ”A1-Ikhlas” saban hari dua belas kali dengan melepas pakaian suteranya dan mengenakan pakaian yang kasar-kasar. Pada suatu ketika dalam bulan Rajab, ia jatuh sakit dan berwasiat pada puteranya, apabila ia mati supaya dikubur bersama pakaian kasarnya, akan tetapi si anak bahkan membungkus mayat ibunya dengan pakaian halusnya sekedar riya.

Syahdan, dalam mimpi si anak melihat ibunya seakan-akan marah sambil berkata padanya : Kenapa engkau tidak melaksanakan wasiatku ? Tergugahlah si anak dari tidurnya dalam keadaar takut dan bergegas-gegas menggali kembali kubur ibunya yang ternyata kosong tidak terdapat mayat dalamnya-: Dalam keadaan terheran heran, menyesal, ia menangis tersedu-sedu dan seketika terdengar suara olehnya yang yang berkata : Tidaklah engkau tahu, bahwa siapa yang mengagung-agungkan bulan Rajab tidak akan kami tinggalkan sendirian di dalam kuburnya. (Zubdatul wai’dzin)

Diriwayatkan bahwa Sayidina Abubakar r.a. berkata :

Jika sepertiga malam telah lewat pada hari Jumahat pertama dalam bulan Rajab, maka berkumpullah di Ka’bah semua malaikat yang berada di langit maupun di bumi dengan tiada ada yang ketinggalan. Di situ mereka dipandang oleh Allah dan mendengarkan firmanNya yang berbunyi : Hai malaikatKu! Mintalah sesukamu! Ya Tuhan kami!,-berkata para malaikat, ”Permintaan kami, ialah bahwa Tuhan mengampuni orang-orang yang berpuasa di bulan Rajab”. ”Aku telah mengampuni mereka” jawab Tuhan

Menurut riwayat Sitti A’isyah r.a. bahwa Rasulullah bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Semua orang lapar di hari qiamat, kecuali para nabi dan keluarganya serta orang-orang yang berpuasa bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan. Mereka tidak merasa lapar maupun dahaga. (Zubdatul Wa’idzin).

Dikhabarkan bahwa pada hari Qiamat terdengarlah suara yang berseru : Di manakah mereka ahli Rajab (yang beribadah dan berpuasa di bulan Rajab)? Lalu keluar cahaya yang diikuti oleh Jibril dan Mika’il dan disusul oleh orang-orang ahli Rajab dan bersama-sama meliwati Shirath secepat kilat yang menyambar. Bersujudlah mereka kemudian sebagai tanda syukur bahwa mereka telah lulus meliwati shirath. "Angkatlah kepalamu hari ini "Angkatlah kepalamu hari ini, firman Tuhan, kamu telah melakukan sujud di dunia dalam bulanKu, berangkatlah ke tempat-tempatmu (syurga)! (Raunagul Majalis).

Dihikayatkan oleh Tsauban bahwa ia pada suatu ketika berjalan bersama Rasulullah saw. melalui suatu kuburan di mana Rasulullah berhenti sejenak dan menangis tersedu-sedu. Kenapa Rasullah menangis ? tanya Tsauban, lalu bersabda Rasulullah saw. :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab
Aku berdo’a untuk mereka yang sedang disiksa dalam kuburnya maka diringankanlah oleh Allah siksanya. Hai Tsauban!

Coba mereka berpuasa satu hari dan tidak tidur satu malam dalam bulan Rajab, mereka tidak akan disiksa dalam kuburnya. Kemudian bertanya Tsauban : Adakah puasa satu hari dan ibadah satu malam dalam bulan Rajab mencegah siksaan kubur ?

Rasulullah menjawab dan bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Hai Tsauban ! Demi Allah yang mengutus aku sebagai Nabi, tiada seorang muslim ataupun muslimah yang dengan ikhlas dan melulu untuk Allah berpuasa satu hari dan beribadah satu malam dalam, bulan Rajab, melainkan baginya dicatat oleh Allah pahala ibadah satu tahun puasa di waktu siangnya dan ibadah di waktu malamnya. (Zubdatul Wa’idhin).

Berkata Mawardi dalam kitabnya ”A1-Igna"

Puasa bulan Rajab dan Sya’ban memang dianjurkan dan dimustahabkan. Tetapi mengenai apa yang disebut sembahyang ”Ra-gha'ib” tidak ada dasarnya dalam syari’at, karena hadits-hadits yang diriwayatkan mengenai sembahyang itu adalah hadits hadits maudhu’ (bikinan) walaupun banyak terdapat dalam beberapa kitab. Sebab soal-soal agama dan penentuan pahala atau dosa datangnya dari pembawa Syari at, sedangkan apa yang disebut sembahyang ”Ragha’ib” tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah maupun oleh sahabat sahabatnya bahkan tidak ada anjuran untuk melakukan itu. Maka bagi orang yang beragama dan tunduk kepada agamanya harus berhati-hati dan tidak turut turut melakukan apa yang orang banyak dalam zaman ini melakukannya seperti sembahyang "Ra-gha’ib” malam Jumahat pertama bulan Rajab yang tidak ada dasarnya dalam agama, bahkan dapat diartikan melakukan perbuatan Mbid‘ah” yang dapat mendatangkan dosa dan siksa, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Rasulullah yang berbunyi :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Hati-hatilah kamu dari soal-soal baru yang diada-adakan (dalam agama), karena tiap-tiap soal baru adalah bid‘ah, dan tiap-tiap bid‘ah adalah kesesatan dan tiap-tiap kesesatan adalah di neraka. Dan sejelek jeleknya soal adalah soal-soal baru (yang diada adakan).

Kedua hadits tersebut di atas menunjukkan bahwa sembahyang ’’ragha’ib” adalah bid‘ah dan kesesatan, karena tidak dikenal di masa sahabat dan tabi‘in maupun di iriasa imam-imam ahli ijtihad dan baru dikenal sesudah empat ratus tahun hijriah, sehingga tidak dikenal oleh ulama-ulama yang terdahulu dan oleh ulama-ulama yg datang belakangan bahkan dicela dan dinyatakan ’’bid'ah” yang mengandung kemungkaran, Maka tinggalkanlah itu dan berpeganglah pada ta‘at dan ibadah yang murni agar mencapai syurga dan memperoleh derajat dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah.

Diceriterakan dalam kitab ”Majmaul Bahrain” bahwa Sai-yidina Ali bin Abi Talib r.a. telah melarang seorang yang ditemuinya pada hari raya ’’id” di suatu tanah lapang yang hendak melakukan sembahyang sebelum waktunya, dan berkata orang itu : Hai A-mirul Mu’minin! Kenapa saya dilarang padahal saya tahu bahwa Allah tidak akan mengadzab orang karena sembahyang. Sayapun tahu, jawab Saiyidina Ali, bahwa Allah tidak akan memberi pahala atas suatu perbuatan yang tidak dilakukan atau dianjurkan oleh Rasulullah, sehingga dengan demikian sembahyangmu sia-sia belaka bahkan Tuhan mungkin meng-adzab-mu karena pelanggaranmu terhadap rasulnya. (Majalis Rumi)

Dikabarkan bahwa Rasulullah saw. bersabda :
Hadis Nabi Tentang Bulan Rajab

Allah menciptakan wajah-wajah para bidadari dari empat warna : putih, hijau, kuning dan merah dan menciptakan badannya dari za’faran, misik, ambar dan kafur. Dari jari-jari kakinya sampai lututnya diciptakan dari za'faran, dari lutut sampai pusarnya dari dupa, dari pusar sampai lehernya dari ambar dan dari leher sampai kepalanya dari kafur. Jika ia meludah, ludahnya menjadi dupa di dunia. Tertulis di atas dada masing - masing bidadari itu nama suaminya di samping satu nama dari nama-nama Allah. Di antara kedua pundanya selebar satu farsakh kira-kira satu mil). Di tiap tangan dari kedua tangannya sepuluh gelang dari emas dan di jari-jarinya sepuluh cincin dan di kakinya gelang-gelang dari permata dan mutiara. ( Dagaignl-Akhbar ).

Sumber : Bekal Juru Dakwah